TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 : Refleksi Pembelajaran Modul 15

Refleksi Hasil Mempelajari Modul Komunikasi Efektif

         Setelah mempelajarai modul 15 pada kegiatan pembatik tahun 2020 mengenai Komunikasi Efektif, banyak hal baru yang saya dapatkan, mulai dari definisi komunikasi secara lengkap, yaitu Komunikasi dapat diartikan sebagai proses transmisi pesan dari pengirim pesan (komunikator/sender) kepada penerima pesan (komunikan/receiver) melalui suatu media (medium/channel ) baik langsung maupun tidak langsung. Hasil dari pesan tersebut akan menimbulkan sebuah respon yang kemudian disebut dengan feedback atau sebuah tanggapan. 

            Kemudian saya bisa memahami betapa pentingnya kompenen dalam suatu komunikasi dua arah. Komponen tersebut terdiri dari : (1) Komunikator (penyampai pesan); (2) Pesan;  (3) Media komunikasi (channel);  (4) Penerima pesan (komunikan); dan (5) Efek pesan (feedbac). Saya juga lebih mengetahui mengenai ganguan Komunikasi (noise). Ternyata ada beberapa gangguan komunikasi yang selama ini tidak saya ketahui, yaitu : (1) noise fisik; (2) noise fisiologis; (3) noise psikologis; dan (4) noise semantic. 

          Selain hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas masih banyak hal baru yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini yang tidak kalah pentingnya, dimana saya lebih memahami tentang komunikasi Verbal dan Non-Verbal, Kaidah Komunikasi Efektif, Komunikasi yang Efektif dan Menarik, dan Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Dan yang tidak kalah pentingnya setelah setelah mempelajari modul ini saya semakin mengerti dan mengetahui etika dan etiket  komunikasi dalam era digital, termasuk  etiket Komunikasi di dunia maya (Netiquette). Beberapa Etiket di dunia maya adalah sebagai berikut: (1) remember tha human; (2) be ethical; (3) know where you are in cyberspace; (4) respect other people’s time and bandwidth; (5) make your self look good online; (6) share expert knowledge; (7) respect other people’s privacy; (8) don’t abuse your power; (9) don’t argue; (10) be forgiving of other people’s mistakes.

 

Membangun Komunikasi yang Eefektif dalam Tim, terkait produk inovasi pembelajaran yang akan didiseminasikan kepada pimpinan birokrat dinas pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya

          Untuk bisa membangun komunikasi yang efektif dalam tim tentu terlebih dahulu harus paham dan mengerti tentang kompenen dalam komunikasi dua arah. Komponen tersebut terdiri dari : Komunikator (penyampai pesan), Pesan,  Media komunikasi (channel), Penerima pesan (komunikan),  dan Efek pesan (feedbac). Menentukan target juga penting dalam  pembentukan suatu tim, seperti lembaga/ instansi/ orang mana yang akan kita ajak bergabung dalam satu tim dengan kita tentu harus mempunyai visi yang sama.

          Saya sebagai komunikator yang ingin mengajak pihak tertentu, dalam hal ini  Kepala cabang dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, MKKS, dan Kepala sekolah untuk bergabung dalam satu tim terkait pemanfatkan portal rumah belajar sebagai suatu inovasi pembelajaran harus bisa memberikan kepercayaan dan meyakinkan mereka terkait manfaat dan keuntungan jika mereka tergabung dalam tim.  Unuk bisa memberikan kepercayaan tentang manfaat dari pemanfaatan portal rumah belajar tentu saya sebagai sahabat rumah belajar harus membuat rencana terlebuh dahulu. Hal yang tidak kalah pentingnya yang saya lakukan adalah memperdalam pengetahuan saya tentang fitur-fitur portal rumah belajar, mulai dari fitur utama , fitur pendukung, dan juga fitur lainnya. Kemudian saya menggunakan dan mengaplikasikan pemanfaatan fitur-fitur pada portal rumah belajar dalam pembelajaran. Kenapa hal ini penting? Karena ini merupakan pesan yang akan saya sampaikan kepada pihak-pihak terkait. Setelah saya betul-betul memahami dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran barulah rencana selanjutnya dilakukan.

           Rencana berikutnya adalah Koordinasi dengan Kepala sekolah tempat saya mengajar. Koordinasi saya lakukan dengan menggunakan Bahasa yang sopan, tidak menggurui, dan  menyampaikan maksud dan tujuan dengan jelas. Dan saya juga meminta saran kepada Kepala sekolah saya terkait rencana yang akan saya lakukan. Alhamdulillah koordinasi yang saya lakukan mendapat sambutan positif dari Kepala sekolah. Beliau setuju dengan rencana yang saya buat, yaitu memberikan izin terkait pelaksanaan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar yang dilaksanakan di sekolah secara tatap muka. Tetapi sebelum kegiatan dilakukan terlebih dahulu harus koordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

          Sebelum koordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Selatan, terlebih dahulu saya berdiskusi dengan Pak Bambang Irawan yang juga merupakan SRB Aceh tahun 2020 dari  kabupaten Aceh Selatan. Dari hasil diskusi, kami akan melakukan kolaborasi webinar terkait pemanfaatan portal rumah belajar sebagai suatu inovasi pembelajaran. Dari hasil diskusi juga kami menentukan jadwal untuk koordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Selatan secara Bersama-sama. Ketika berkoordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Selatan terkait dengan rencana yang akan dilaksankan tentunya dengan menggunakan Bahasa yang sopan, tidak menggurui, dan  menyampaikan maksud dan tujuan dengan jelas.  Dari penjelasan yang kami sampaikan, beliau mendukung penuh rencana kegiatan yang akan kami laksanakan  dan siap membantu dan berkolaborasi. Dalam dukungannya beliau juga mengajak guru dan Kepala sekolah agar ikut serta dalam kegiatan ayang akan kami lakukan. 

           Setelah mendapat dukungan dan arahan dari Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Selatan kemudian saya berkoordinasi dengan pengawas sekolah, MKKS, dan beberapa orang Kepala SMA di kabupaten Aceh Selatan. Alhamdulillah Koordinasi yang saya lakukan mendapat sambutan positif. Setiap Kepala sekolah yang saya datangi, mereka setuju memberikan izin kepada guru-guru yang ada di sekolahya untuk ikut serta dalam kegiatan pemanfaatan portal rumah belajar sebagai suatu inovasi pembelajaran baik tatap muka maupun tatap maya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 : Refleksi Pembelajaran Modul 15"

Post a Comment