- Apa yang saya percaya
tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul
1.1?
Sebelum mempelajari modul 1.1 saya
percaya bahwa murid dan pembelajaran di kelas sebagai berikut :
a. Murid harus menguasai semua
kompetensi pembelajaran yang diajarkan
oleh guru dengan pembelajaran satu arah
b. Murid bisa dipaksa berlatih dan
menjawab soal-soal yang banyak agar mereka terbiasa dan lebih mahir, sehingga
bisa menjawab soal-soal ujian dengan benar
c. Pembelajaran itu tentang kompetensi
dan pengetahuan, bukan tentang karakter.
d. Ruang kelas itu cenderung milik guru
dan lebih mendominasi di kelas
e. Peraturan kelas mutlak hak guru
- Apa yang berubah dari
pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
Setelah
mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai Pendidikan, saya
memahami bahwa Pendidikan itu adalah menuntun anak sesuai dengan kodratnya untuk
menemukan kabahagiaan seutuhnya dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat
kelak. Dalam Pendidikan sekolah ibarat kebun, guru sebagai tukang kebun, dan
siswa ibarat benih tanamannya. Tentunya bibit tanaman padi tidak akan pernah
tumbuh menjadi tanaman jenis tanaman lainnya. Artinya setiap anak sudah
memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Guru tidak dapat memaksakannya untuk
menjadi seperti orang lain. Guru hanya bisa menuntun anak sesuai dengan
kodratnya masing-masing. Guru harus memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada
siswa dalam hal belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru berperan sebagai pengarah
dan fasilitator, guru harus mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa
dengan mengusahakan metode bermain. karena metode bermaian akan membuat siswa
merasa senang dan bahagia. Intinya guru
harus bisa mendidik, membimbing,
mengayomi, dan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatmya sebagai
bekal siswa dimasa depan dalam menemukan kebahagiaannya.
- Apa yang bisa segera saya
terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?
hal-hal yang perlu saya terapkan agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD
a. Merubah cara pandang tentang siswa,
dimana siswa harus diajarkan sesuai dengan kodrat (bakat dan minat) nya. Dan
akan mengurangi ego dalam menuntun siswa dalam proses pembelajaran.
b. Merubah cara pandang tentang
pencapaian kompetensi, selama ini saya menganggap bahwa kompetensi pembelajaran
wajib diselesaikan oleh semua siswa sesuai dengan tuntutan Kurikulum, ternyata
harus disesuaikan dengan kemampuan siswa.
c. Akan menerapkan konsep merdeka
belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran, dimana pembelajaran berpusat pada
siswa dan guru berperan sebagai fasilitator
d. Akan membuat
kesepakatan-kesepakatan Bersama siswa dalam membuat suatu keputusan.
e. Akan berkolaborasi dengan pihak
internal dan eksternal sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar untuk
mencapai profil pelajar pancasila.
0 Response to "1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara"
Post a Comment