1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara


  1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Sebelum mempelajari modul 1.1 saya percaya bahwa murid dan pembelajaran di kelas sebagai berikut :

a.       Murid harus menguasai semua kompetensi pembelajaran  yang diajarkan oleh guru dengan pembelajaran satu arah

b.      Murid bisa dipaksa berlatih dan menjawab soal-soal yang banyak agar mereka terbiasa dan lebih mahir, sehingga bisa menjawab soal-soal ujian dengan benar

c.       Pembelajaran itu tentang kompetensi dan pengetahuan, bukan tentang karakter.

d.      Ruang kelas itu cenderung milik guru dan lebih mendominasi di kelas

e.       Peraturan kelas mutlak hak guru

 

  1. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini? 


        Setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai Pendidikan, saya memahami bahwa Pendidikan itu adalah menuntun anak sesuai dengan kodratnya untuk menemukan kabahagiaan seutuhnya dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Dalam Pendidikan sekolah ibarat kebun, guru sebagai tukang kebun, dan siswa ibarat benih tanamannya. Tentunya bibit tanaman padi tidak akan pernah tumbuh menjadi tanaman jenis tanaman lainnya. Artinya setiap anak sudah memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Guru tidak dapat memaksakannya untuk menjadi seperti orang lain. Guru hanya bisa menuntun anak sesuai dengan kodratnya masing-masing. Guru harus memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada siswa dalam hal belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru berperan sebagai pengarah dan fasilitator, guru harus mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mengusahakan metode bermain. karena metode bermaian akan membuat siswa merasa senang dan bahagia. Intinya  guru harus bisa mendidik,  membimbing, mengayomi, dan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatmya sebagai bekal siswa dimasa depan dalam menemukan kebahagiaannya.



  1. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?  

           hal-hal yang perlu saya terapkan  agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD

a.    Merubah cara pandang tentang siswa, dimana siswa harus diajarkan sesuai dengan kodrat (bakat dan minat) nya. Dan akan mengurangi ego dalam menuntun siswa dalam proses pembelajaran.

b.      Merubah cara pandang tentang pencapaian kompetensi, selama ini saya menganggap bahwa kompetensi pembelajaran wajib diselesaikan oleh semua siswa sesuai dengan tuntutan Kurikulum, ternyata harus disesuaikan dengan kemampuan siswa.

c.     Akan menerapkan konsep merdeka belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran, dimana pembelajaran berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator

d. Akan membuat kesepakatan-kesepakatan Bersama siswa dalam membuat suatu keputusan.

e.  Akan berkolaborasi dengan pihak internal dan eksternal sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar untuk mencapai profil pelajar pancasila.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara"

Post a Comment