PEMBATIK YANG MEMBAWA PERUBAHAN

Alhamdulillah, walaupun dengan segala keterbatasan, baik keterbatasan dalam hal kemampuan maupun waktu, akhirnya sampai juga pada level 4 Pembatik Tahun 2020, kuncinya adalah tekun, pantang menyerah dan terus belajar.
Bagi sahabat yang belum tahu tentang Pembatik, akan saya jelaskan pengalaman saya dan informasi terkait pembatik. Pembatik kepanjangan dari pembelajaran berbasis TIK, merupakan suatu program yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud yang sekarang berganti nama menjadi PUSDATIN. Untuk bisa mengikuti kegiatan ini terlebih dahulu harus mendaftar pada laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ . Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru UNESCO (literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi). 
Kegiatan pembatik terdiri dari beberapa tahapan, meliputi: 

1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK) 

Pada level ini peserta mempelajari empat buah modul yang membahas tentang: Perangkat TIK dasar, keamanan dan kebijakan dalam berinternet, internet untuk pembelajaran, dan aplikasi pembelajaran terbuka. Kegiatan pada level ini dilaksanakan kurang lebih 10 hari. Peserta yang lulus ujian akhir berhak lanjut ke level 2. 

2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK) 

Berbeda dengan level 1, pada level 2 ini, selain harus mengikuti ujian akhir (nilai 40%), peserta juga harus membuat vlog berisi tentang pengalaman mengajar jarak jauh dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar, yaitu belajar.kemdikbud.go.id (nilai 60%). Materi yang dibahas pada level ini adalah : Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar, Penerapan Pembelajaran Menggunakan Fitur-Fitur Rumah Belajar, Pemanfaatan Media TVE dalam Pembelajaran, dan Mengelola kelas yang mengintegrasikan TIK dalam lingkungan Belajar. Level ini dilaksanakan kurang lebih 15 hari. Level ini merupakan tantangan berat bagi saya pribadi, karena sebelumnya sama sekali belum pernah buat vlog, tidak terbiasa bicara di depan kamera, dan masih awam dengan editing video. Tetapi berkat kemauan yang kuat, bimbingan dari panitia (DRB), belajar secara mandiri dan otodidak akhirnya lulus dan bisa lanjut ke level 3. Alhamdulillah, berkat mengikuti pembatik tahun 2020 saya jadi punya channel YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCQfVNIPgFJHEzY0CfYH0cYg?view_as=subscriber  , dan isi perdana chanel YouTube saya adalah tugas pembatik level 2: https://www.youtube.com/watch?v=oxoRbuf1NB4

3. Bimtek Daring Level 3 (Kreasi TIK) 

Pepatah mengatakan 'semakin tinggi pohon akan semakin kencang angin menerpanya', semakin tinggi level pembatik semakin berat pula tugas yang harus disiapkan (bisa jadi hanya berlaku buat saya, hehehe). Level 3 dilaksanakan kurang lebih 20 hari. Sama seperti pada level sebelumnya, pada level ini juga ada empat buah modul yang harus dipelajari, yaitu modul tentang materi: Media Pembelajaran Berteknologi Digital, Pembuatan Media Video Pembelajaran, Pembuatan Multi Media Interaktif, dan Inovasi Pembelajaran yang mengintegrasikan TIK. Selain mempelajari modul tersebut untuk bisa lulus ujian akhir (nilai 30%), peserta juga diminta untuk membuat tugas akhir (nilai 60%) dengan pilihan video pembelajaran atau Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia, ditambah dengan keaktifan/ forum diskusi di grup, LMS, maupun pada saat vicon (nilai 10%). Saya sendiri pada level ini memilih untuk membuat MPI sebagai tantangan, karena saya berpikir ini adalah kesempatan yang baik buat saya untuk bisa mempelajari dan mempraktekkan cara membuat MPI. Walaupun MPI yang saya buat masih banyak kekurang, akantetapi alhamdulillah bisa mengantarkan saya untuk bisa lanjut ke level berikutnya (Level 4). 

 4. Level 4 (Berbagi TIK)

30 orang peserta terbaik setiap provinsi versi panitia lanjut ke level 4. Level ini dimulai dengan kuliah umum pembtik yang dilaksanakan dari tanggal 15 september sampai dengan 18 september 2020 dengan tema "Berbagi Inovasi Pembelajaran TIK Mewujudkan Merdeka Belajar"
Kegitan tersebut dibuka dan dihadiri oleh: 
1. Mendikbud, Nadiem Makarim, B.A, M.B.A 
2. Sesjen Kemendikbud, Prof. Ainun Na’im, Ph.D 
3. Plt. Kapusdatin, Muhammad Hasan Chabibie, M.Si. 

Narasumber yang dihadirkan adalah orang-orang yang sangat luar biasa, mereka adalah : 
1. Kebijakan : Dirjen GTK, Dr. Iwan Syahril,Ph.D. 
2. Materi Public Speaking: Charles Bonar Sirait, S.E., M.M. 
3. Materi Penulisan : Asma Nadia 
4. Materi Sosial Medai: Wicaksono (@ndorokakung) 
5. Materi Video Comference: Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA. 
6. Materi Motivasi Guru: Butet Manurung. 

Setelah selesai kuliah umum dilanjutkan dengan kegiatan Coaching yang dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 21 september sampai dengan tanggal 23 september 2020. Pada kegiatan ini peserta dibekali dan diarahkan terkait cara menyelesaikan tugas pembatik pada level 4. kegiatan Coaching dilaksanakan dan dipandu oleh pihak PUSDATIN dan DRB Aceh, Ibu Irayuni Sari DRB 2019 dan Pak Qusthalani. 
Tugas peserta pembatik level 4 ini adalah mempelajari 4 buah modul dan harus menyelesaikan tugas berikut 

TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 

Peserta wajib mengerjakan tugas akhir berupa : 
1. Vlog, 
2. Blog. 
3. Kegiatan Tatap Maya/ Tatap Muka jika memungkinkan. 
Tuliskan laman blog yang sahabat buat di dalam jawaban tugas ini. 
Batas waktu pengumpulan tugas adalah pada hari terakhir kelas daring PembaTIK level 4. 

Ketentuan Tugas Akhir : 

1. Vlog. 
• Materi yang disajikan tentang bagaimana mensosialisasikan program Portal Rumah Belajar, bagaimana Inovasi pembelajaran/ implementasi mata pelajaran yang diampunya dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar. 
• Mengikuti kriteria Video di Level 3 (file bumper dan logo pada laman : http://ringkas.kemdikbud.go.id/bumperrumbel) 
• Kelancaran Komunikasi 
• Pembawaan diri depan kamera (luwes) 
• Share ke medsos dengan menambahkan hastag #PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK 
• Jumlah views, share, likes 

2. Blog. 
• Materi interaktif, yang disajikan terkait inovasi pembelajaran/ implementasi mata pelajaran yang diampunya dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar. 
• Wajib menautkan url portal Rumah Belajar di dalam blog. 
• Platform yang digunakan bebas. 
• Judul yang unik dan menarik 
• Tulisan yang original 
• Berikan gambar yang relevan dan menarik 
• Desain Blog yang Menarik 
• Blog juga berisi hasil tugas vlog dan kegiatan tatap maya/ tatap muka 
• Juri cukup membuka blog peserta untuk melakukan penilaian Tugas Akhir Peserta. 

3. Kegiatan Tatap Maya/ Tatap Muka jika memungkinkan. 
• Materi yang disajikan terkait inovasi pembelajaran/ implementasi mata pelajaran yang diampunya dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar. 
• Peserta kegiatan adalah guru-guru/ komunitas guru 
• Membuat sosilisasi Kit, misalnya Banner atau Flyer kegiatan yang telah disosialisasikan di medsos masing-masing. 
• Screenshoot hasil kegiatan. 
• Kegiatan tatap maya/ tatap muka dilaksanakan minimal 3 kali





Halo Sahabat  Semua....Salam Rumah Belajar.. silakan Sahabat ikuti media sosial Rumah Belajar untuk mendapatkan info pendidikan terkini dan berbagai tips menarik untuk pendidikan...
IG: https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/   
FB: https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar
YouTube: Rumah Belajar Kemendikbud

Merdeka Belajarnya,  Rumah Belajar Portalnya,  Maju Indonesia !


#MerdekaBelajar
#NadiemMakarim 
#PembaTIK2020 
#pembatiklevel4 
#RumahBelajar 
#tributetohendriwidiatmoko 
#guruberbagi 
#gurupenggerak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMBATIK YANG MEMBAWA PERUBAHAN"

Post a Comment